Cara-cara dan Jenis Dayungan dalam Rafting

  • Dayung Maju (Forward Stroke) > Gunanya untuk menggerakan perahu ke depan. Caranya:
  1. Dimulai dengan mendorong bilah dayung ke muka dengan tangan sebelah luar, kemudian masukkan bilah dayung dalam-dalam ke air
  2. Dilanjutkan dengan mempertahankan bilah dayung pada sudut yg benar hingga mendekat ke perahu & berhenti setelah sejajar dengan pantat
  3. Posisi blade/ bilah dayung saat menyentuh air adalah tegak lurus terhadap permukaan atau mendekati 90 derajat
  4. Setelah itu menarik blade/ bilah dayung yang berada didalam air kearah belakang searah perahu
  5. Kemudian keluarkan bilah dayung, putar sejajar dengan permukaan air, ulangi kembali ke posisi semula dan seterusnya
  • Dayung Mundur (Backward Stroke) > Gunanya menurunkan kecepatan perahu atau menggerakkan perahu ke belakang. Caranya:
  1. Paling gampang, dayung mundur merupakan kebalikan dari dayung maju, jadi cara-caranya juga kebalikan dari dayung maju
  2. Celupkan bilah dayung ke dalam air hingga jauh ke belakang pantat kmudian dorong ke depan sambil menarik pegangan T-Grip –> Posisi blade/bilah dayung saat menyentuh air adalah sejajar dengan permukaan air <– Kemudian gerakan ini berakhir ketika dayung berada pada posisi awal dayung maju
  • Dayung Tarik (Draw Stroke) > Dayungan ini sering dipakai oleh para rafter untuk menghindari tabrakan antara bagian belakang perahu dengan batu atau rintangan dengan menggeser perahu mendekati posisi yang diinginkan. Caranya yaitu dengan menancapkan dayung jauh ke samping dan menariknya ke arah perahu.
  • Dayung Tolak (Pry Stroke) > Gunanya yaitu membantu melengkapi dayung tarik untuk mengendalikan perahu ke posisi yg diinginkan. Caranya: kebalikan dari dayung tarik, yaitu memasukkan dayung ke dlm air dari deket perahu/ pantat & menolaknya jauh kesamping perahu
  • Dayung Pancung (Cross-Bow Draw) > Dayungan yg biasa dilakukan oleh pendayung depan apabila ingin menggeser perahu ke samping. Caranya yaitu pendayung depan melakukan dayung tarik dari sisi depan perahu memotong moncong perahu.

 

Prinsipnya,dlm menggunakan dayung, tenaga disalurkan pada kedua lengan yang menggerakkan dayung untuk mengatur & mengarahkan gerak perahu, Arah dayungan tersebut dibantu gerakan badan; disesuaikan dengan tenaga yang diperlukan untuk mengatur dan mengarahkan gerak perahu.

Iklan

Rafting ( Arung Jeram )

Arung jeram adalah kegiatan yang berspesifikasi pada sebuah cara penyelamatan di arus deras. Olahraga murni yang mengandalkan kekuatan, kecepatan dan ketepatan dama bertindak dan juga berpikir. Pada dasarnya tak semua orang bisa berlaku benar di arus deras, tetapi dengan metode latihan terperinci, semua bisa di lakukan dengan baik dan menuju benar. Bukankah alam tak bisa di tebak secara matematika?

APAKAH ARUNG JERAM ITU AMAN ?

Arung jeram adalah kegiatan yang menggairahkan, mengasyikkan, sedikit liar tetapi menyenangkan. Seperti pada kegiatan petualangan lainnya, arung jeram tetap memiliki resiko dan bahaya. Namun resiko tersebut justru menambah semangat dan menjadi perangsang bagi para penggiat kegiatan ini, sehingga bukan menjadi alasan mengapa orang – orang tidak menyukai kegiatan arung jeram.

Para pemandu yang profesional dan berpengalaman akan berusaha untuk meminimalisasi resiko dan bahaya. Bahkan secara statistik, anda akan lebih aman mengikuti kegiatan arung jeram dibandingkan dengan berkendara didalam kota. Seorang pegawai pemerintahan di Amerika mengutarakan pada suatu penelitian, bahwa angka kecelakaan untuk kegiatan arung jeram masih jauh dibawah sepak bola! Namun tentu saja masih ada resiko dan anda harus menerima resiko tersebut saat berada di sungai.

BILA TAK BISA BERENANG, BISAKAH IKUT ARUNG JERAM ?

Setiap orang yang mengikuti arung jeram akan selalu mengenakan pelampung ( life jacket ) yang memiliki daya apung tinggi. Pelampung ini akan tetap menjaga anda berada diatas permukaan air, bahkan pada saat anda terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai sekalipun. Banyak orang yang tidak dapat berenang mengikuti kegiatan arung jeram dan mereka sangat menikmatinya. Yang paling penting adalah anda tidak panik saat terlempar dari perahu dan tercebur ke sungai. Namun orang yang tidak dapat berenang tidak dianjurkan mengikuti kegiatan arung jeram pada sungai yang memiliki tingkat kesulitan class V keatas dan cukuplah menikmati jeram pada sungai dengan tingkat kesulitan class II dan maksimum class IV.

APAKAH DI BUTUHKAN KONDISI TERTENTU SAAT BER ARUNG JERAM ?

Dalam kegiatan arung jeram selalu menggunakan dayung. Ini artinya anda akan memegang dayung dan melalukan pendayungan saat berada di atas perahu. Anda tentunya harus berada pada kondisi yang sehat dan fit saat mengikuti kegiatan arung jeram. Mendayung dapat menyebabkan kelelahan, tetapi pemandu akan memberikan instruksi pada anda teknik mendayung. Sehingga tidak selamanya saat anda berada diatas perahu akan melakukan pendayungan.

Jika anda merasa ragu dengan kemampuan untuk mengikuti kegiatan arung jeram, atau tentang kesehatan anda, sebaiknya anda melakukan cek kesehatan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan arung jeram.

APA YANG HARUS DIPERSIAPKAN UNTUK BER ARUNG JERAM ?

Yang harus prepare dari rumah beberapa hal yang harus disiapkan antara lain : pakaian olahraga dan T-shirt sekaligus pakaian ganti selesai rafting, sepatu olahraga atau sepatu jogging, atau bila anda memiliki sepatu / sandal khusus untuk kegiatan arung jeram akan lebih baik lagi. Perlengkapan mandi ( toiletris ). Untuk anda yang berkacamata, disarankan untuk memberikan pengait / tali pada kacamata anda agar tidak mudah terlepas. Jangan lupa untuk memakai sunscreen, tetapi jangan gunakan dikening karena saat terkena air akan berbahaya bila terkena mata anda, atau menggunakannya pada kaki bagian belakang, hal ini dapat menyebabkan anda terpeleset.

JIKA BELUM PERNAH BER ARUNG JERAM, TINGKAT KESULITAN MANA YANG TEPAT ?

Sebagai awal, mulailah pada sungai dengan tingkat kesulitan class II atau class III. Namun jika anda merasa yakin dengan kemampuan yang anda miliki, sehat dan haus akan tantangan, anda dapat mencoba sungai dengan tingkat kesulitan class IV meskipun belum memiliki pengalaman sebelumnya. Karena pemandu akan melatih anda terlebih dahulu dan menjelaskan bagaimana cara penyelamatan di sungai serta teknik mendayung. Sedangkan untuk sungai dengan class V, anda harus memiliki pengalaman pengarungan sungai dengan tingkat kesulitan class IV terlebih dahulu.

BISAKAH ARUNG JERAM UNTUK YANG TELAH BERUMUR ?

Untuk kesehatan, orang tua yang masih aktif dan berumur lebih dari 60 tahun masih boleh mengikuti kegiatan arung jeram. Sebagai langkah awal, cobalah pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class I – II. Selanjutnya tergantung pada apa yang dirasakan setelah melakukan pengarungan tersebut. Anda boleh mencoba pengarungan pada sungai dengan tingkat kesulitan class III. Karena cukup banyak peserta yang berumur 60 – an sampai 70 – an menikmati kegiatan arung jeram.

APA YANG HARUS DILAKUKAN JIKA TERLEMPAR DARI PERAHU ?

Percaya atau tidak, banyak orang yang menyukai saat terlempar keluar dari perahu! Ini sangat mengasyikkan. Pada awalnya memang dapat menyebabkan disorientasi dan sedikit kewalahan. Namun banyak pula orang yang sudah berkali – kali mengikuti kegiatan arung jeram dan tidak pernah terlempar keluar perahu. Beberapa orang hanya berenang pada pengarungan pertama mereka karena tidak mampu naik kembali keatas perahu atau karena tertinggal jauh dari perahu yang melemparkannya. Ini adalah bagian dari sebuah kegiatan arung jeram.

Sebelum anda memulai pengarungan, anda akan diberikan instruksi apa yang harus anda lakukan jika terlempar keluar dari perahu, dan bagaimana berusaha agar tetap aman. Ikuti semua instruksi pemandu anda, dan jika anda tetap terlempar keluar perahu, maka berenang akan lebih mengasyikan dalam pengarungan anda!

Tips di atas adalah metode arung jeram profesional yang kebanyakan di adakan secara profesional juga, lengkap dengan tingkat keamanan dan pemandu yang mengerti arung jeram. Karena kegiatan Rafting atau Arung jeram bukan kegiatan yang main – main mengandalkan kemauan semata, tetapi juga pengetahuan dan mental.

sumber: http://arusprogo.wordpress.com/

Kanigara

Gambar

Kanigara bergerak di bidang jasa Outbound,Training dan Event Organizer. Kanigara memiliki arti kata yang terwujud. Disini kami mencoba untuk mewujudkan keinginan dari jiwa petualang anda, kami dapat melayani jasa Rafting, Paintball, Outing, Family and Company Gathering. dipandu dengan tenaga profesional kami siap melayani Anda.

🙂

“Kanigara, Inspire Your Life”